Menu

5 Cara Mengatasi Kecanduan Komputer Atau Gadget

September 19, 2016 | Kesehatan

Perangkat elektronik canggih seperti komputer memang tidak bisa dilepaskan dari aktifitas keseharian kita sehari-hari. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja kantoran yang tidak bisa jauh dari pekerjaan di depan layar komputer.

Nah, yang menjadi masalah ketika Anda tidak bisa lepas dari gadget ini. Baik itu ketika Anda sudah kecanduan komputer, smartphone, game, dunia maya menjadi sebuah masalah ketika sudah mengganggu kehidupan nyata Anda. Mulai dari hubungan dengan keluarga, teman bahkan pasangan hidup hanya karena masalah addiction atau kecanduan komputer ini.

kcanduan-game

Kecanduan komputer dan dunia maya ini di negara lain di kategorikan sebagai penyakit kejiwaan klinis. Bahkan kecanduan ini disetarakan dengan kecanduan narkoba. Tidak hanya menjangkit kalangan remaja dan orang dewasa, bahkan anak-anak maupun balita kini juga dapat menjadi keranjingan dengan yang namanya gadget ini.

Seperti yang sudah dipaparkan dalam artikel sebelumnya. Orang dengan kecanduan komputer ini cenderung menjadi antisosial, sulit berkonsentrasi dan dampak buruk lainnya. Bahkan tindak kejahatan seksual dan penculikan dapat dengan mudah terjadi hanya karena kekurang fahaman akan dunia maya dengan baik.

Agar hal tersebut tidak berdampak terlalu jauh, maka sedini mungkin kita membatasi diri kita dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1.Mencabut Baterai

Mungkin hal sangat cocok dilakukan jika komputer Anda menggunakan baterai seperti pada laptop. Meski kelihatannya berbahaya dan dapat membuat Anda was-was, jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik bergilir. Sehingga Anda tidak bisa memperkirakan berapa lama komputer Anda dapat digunakan.

2.Menggunakan Sleep Timer atau Auto Shutdown

Gunakan fitur ini sehingga dapat membatasi penggunaan komputer, seperti yang biasa digunakan saaat bermain PS (play station) di rental PS. Dengan menggunakan CMD (command prompt) atau Terminal (Linux) Anda dapat mengaktifkan fitur ini. Anda juga bisa menggunakan software untuk mengaktifkannya.

3.Hapus Aplikasi atau Progam Hiburan

Seperti pada umumnya program hiburan akan membuat Anda betah berlama-lama di depan komputer. Semakin banyak program ataupun aplikasi game, musik, media sosial. Ketiga hal tersebut jika terlalu banyak akan membuat kita tidak berhenti dan terus menghabiskan waktu yang sangat berharga di depan komputer.

4.Mengatur Waktu

Aturlah waktu dengan bijak, seperti untuk makan, tidur, belajar, bekerja, aktifitas fisik, berkumpul bersama keluarga, teman dan pasangan. Sehingga Andapun tetap bisa melakukan pekerjaan di depan komputer tanpa mengurangi quality time bersama orang tercinta Anda.

5.Lakukan Interaksi Sosial Secara Langsung

Jika di jejaring sosial kita hanya akan melakukan interaksi dengan saling mengirimkan pesan, emoticon dll secara tidak nyata. Sehingga kita tidak bisa berbicara secara hati-ke hati.

Jadi jangan tunggu lagi sampai kecanduan komputer Anda semakin parah.

 

Terkait 5 Cara Mengatasi Kecanduan Komputer Atau Gadget