Menu

Bergerak Aktif Membuat Awet Muda

October 12, 2016 | Kesehatan

Manusia pada dasarnya memang didesain untuk bergerak. Seiring bertambahnya usia, maka pergerakan kita pun semakin lamban. Sehingga aktifitas yang pernah dilakukan di masa muda dulu, mungkin tidak dapat dilakukan lagi di masa tua.

bergerak-aktif-bersama-keluarga

Namun jangan sampai Anda berfikir untuk berhenti bergerak dan melakukan aktifitas fisik yang bermanfaat. Justru jika Anda semakin pasif bergerak akan mengakibatkan fungsi tubuh semakin menurun. Use it or lose it!

Sudah banyak penelitian yang meng-iyakan hal tersebut. Seperti dalam Archives of Internal Medicine yang dimuat pada tahun 2008. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan aktifitas fisik, maka proses penuaan dini akan melambat seberapapun usia Anda.

Bayangkan saja jika kita hanya menghabikan waktu hanyadengan duduk untuk makan, menonton tv, bekerja, dan berbaring atau tidur. Secara biologis tubuh Anda akan berasa 10 tahun lebih tua daripada mereka yang aktif bergerak.

Anda bisa melakukan aktifitas bergerak dengan cara berjalan kaki, olahraga, bahkan menari.

Anda bisa memulainya dengan berolahraga rutin 30 menit dengan intensitas sedang dalam lima kali seminggu. Cara menakarnya sangat mudahnya sama halnya seperti Anda sedang melakukan berjalan kaki cepat atau dengan latihan treadmill. Anda akan merasakan peningkatan denyut nadi, namun tidak membuat Anda sampai terangah-engah. Anda bisa menandainya dengan Anda tetap dapat lancar berbicara meski sedang berjalan cepat.

Selanjutnya Anda juga bisa melalukan vaiasi gerakan dengan peregangan, seperti pilates, yoga atau senam pelenturan yang lainnya.

Anda akan mandapatkan hasil yang lebih baik lagi, jika Anda menjadwalkan aktifitas fisik Anda secara rutin.

Tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak, dan peralatan khusus. Lakukan aktifitas fisik dimana saja dan kapan saja.

Bahkan Anda bisa memulai bergerak fisik dengan mengkaitkan hobi atau kegemaran Anda, seperti musik. Anda bisa menari dengan menderngarkan musik atau lagu kesukaan Anda. Bahkan Anda yang hobi belanja sekalipun, dapat Anda manfaatkan untuk bergerak aktif. Tentu saja dengan sepatu yang nyaman, Anda dapat berjalan-jalan mencuci mata mencari barang belanjaan. Atau Anda yang sibuk di kantor, Anda tetap dapat bergerak aktif dengan lebih memilih menaiki tangga daripada naik lift untuk menuju ruang kantor Anda.

Semakin sering bergerak aktif, dapat membuat Anda lebih segar dan awet muda. Mulai dari sekarang, kurangi mager alias malas gerak. Terus bergerak aktif dan dapatkan tubuh yang lebih sehat. Anda yang menentukan ingin berapa lama Anda hidup.

Tunggu apa lagi. Ayo aktif bergerak untuk hidup lebih baik.

 

Terkait Bergerak Aktif Membuat Awet Muda