Menu

Manfaat Buah Mangga

November 30, 2015 | Kesehatan

Manfaat buah mangga – Siapa sih yang tidak mengenal buah mangga, rasa manis dan asamnya yang khas membuat siapapun akan menyukai buah mangga. Anda bisa mengkonsumsinya dengan memakan langsung, di buat jus atau bahkan sebagai campuran dalam sajian pencuci mulut yang segar. Tanaman tropis yang banyak dikembangkan di berbagai penjuru dunia, tentulah sudah tidak asing lagi dalam hidangan di berbagai suasana. Kandungan vitamin C yang kaya, seperti halnya yang terdapat pada buah anggur, jeruk maupun melon. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dari kandungan nutrisi yang terkandung pada buah mangga.

Manfaat Buah Mangga

Gambar Buah Mangga - Manfaat Mangga

Sudah tidak asing lagi bahwa mangga sudah menjadi buah yang mendunia, bahkan yang paling disukai oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Berbagai manfaat buah mangga yang sudah banyak diketahui di antaranya termasuk penurunan risiko kanker usus besar, penurunan risiko degenerasi makula, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut. Tahukah Anda, pada ulasan medicalnewstoday.com bahwa pada secangkir potongan mangga yang dipotong dadu terdapat beberapa kandungan:

  •  100 kalori
  •  1 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 25 gram karbohidrat (23 gram gula dan 3 gram serat)
  • 100% dari kebutuhan harian vitamin C, 35% vitamin A, 20 % folat, 10% vitamin B-6 dan 8% vitamin K dan potassium
  • tembaga, kalsium dan zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan beta karoten.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan
Manfaat Mangga

Dari berbagai kandungan yang terdapat pada buah mangga di atas, tentulah Anda akan mendapatkan manfaat buah mangga untuk kesehatan Anda. Berikut ini kami ulas beberapa kandungan manfaat yang akan Anda dapatkan:

1. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah agak banyak tidak akan meningkatkan kadar guka dalam darah. Hal ini dikarenakan indeks glikemik buah mangga rendah yakni sekitar 41-60. Bahkan rebusan daun mangga dapat membantu mengatur kadar insulin.

2. Pencegahan Degenerasi Makula

Pada buah mangga telah ditemukan zat antioksidan zeaxantin yang menyaring cahaya biru berperan pada peran protektif kesehatan mata. Mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi setidaknya 3 porsi atau lebih dalam sehari, telah terbukti dapat menurunkan resiko dan perkembangan degenerasi makula.

3. Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Buah mangga memiliki kandungan serat, kalium dan vitamin telah terbukti dapat membantu menangkal penyakit jantung. Hal yang paling penting adalah perubahan pola makan seseorang sehingga terjadi peningkatan asupan kalium disertai dengan penurunan asupan natrium. Dengan demikian akan mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan senyawa antioksidan pada buah mangga dapat melindungi kita dari resiko terhadap penyakit usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Termasuk di dalamnya senyawa quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

5. Tulang Sehat

Susu memang memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Mengkonsumsi asupan sayur dan buah-buahan yang tepat ternyata sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium secara optimal. Termasuk salah satunya dengan mengkonsumsi buah mangga. Karena rendahnya asupan kalsium dapat mempengaruhi  resiko terjadinya patah tulang.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan enzim yang terdapat pada buah mangga dapat membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita konsumsi. Disamping itu mangga yang memiliki kandungan serat juga dapat membantu sistem pencernaan secara alami. Sehingga Anda pun dapat terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar.

7. Mengurangi Resiko Anemia

Sudah diketahui bahwa buah mangga kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat cocok untuk kaum wanita yang mudah mengalami gejal Anemia. Apalagi bagi para lansia dan ibu hamil, yang sangat membutuhkan kalsium dan zat besi tinggi. Dengan menambah asupan buah mangga pada menu harian mereka akan membantu meningkatkan kadar zat besi dan kalsium.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan citamin C yang tinggi, pektin dan serat akan sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Apalagi kandungan kalium yang tinggi pada buah mangga segar merupakan bagian penting dari bagian tubuh manusia untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Mata Sehat

Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga memasok 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal.

10. Mengurangi Resiko Asma

Kandungan beta karoten yang tinggi pada buah mangga seperti halnya pada buah aprikot, pepaya, labu, melon dan wortel. Sehingga dapat mengurangi resiko asma.

Segudang manfaat buah mangga tidaklah lengkap dan sempura tanpa diimbangi dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang seimbang. Makan-makanan yang sehat dan bergizi dan olahraga teratur tentu akan lebih memaksimalkan manfaat buah mangga.

 

Terkait Manfaat Buah Mangga