Menu

Manfaat Donor Darah

November 13, 2015 | Kesehatan

Tahukah anda Manfaat donor darah bagi kesehatan tubug yang melakukan donor darah? Tidak hanya dapat membantu orang lain yang membutuhkan, ternyata melakukan donor darah juga baik untuk diri sendiri. Setiap 3 bulan sekali kondisi kesehatan setiap orang dapat berubah. Melakukan donor darah secara rutin juga dapat sekaligus mengetahui kondisi kesehatan kita sendiri. Dengan demikian dapat memperkecil resiko keterlambatan dalam penanganan penyakit yang berbahaya apabila hal itu terjadi.

Manfaat Donor Darah2

Melakukan donor darah secara rutin otomatis akan membuat tubuh Anda sehat. Setidaknya setiap 3 bulan sekali Anda melakukan donor darah, karena setiap 3 bulan kondisi kesehatan setiap orang akan berubah. Sehingga tidak hanya membantu sesama tetapi juga bermanfaat untuk tubuh kita. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat donor darah bagi kesehatan manusia, berikut ini kami sajikan ulasannya:

  1. Jantung Sehat

Melakukan donor darah secara rutin otomatis akan membuat sirkulasi daraj di dalam tubuh menjadi lebih baik. Sehingga jantung akan terlatih untuk dapat terus memompa darah. Maka dengan jantung sehat maka tubuhpun akan menjadi lebih sehat.

2. Produksi sel darah merah dalam tubuh meningkat

Dengan melakukan donor darah, maka sel darah merah dalam tubuh selalu berganti dengan sel darah merah batu. Sehingga prodiksi sel darah merah terus terjaga, sehingga jauh dari masalah anemia.

3. Mencegah resiko penyakit stroke

4. Menurunkan resiko terkena penyakit kanker

5. Mencegah resiko penyakit langka

6. Menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan dengan keluarnya darah yang lama. Ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

7. Menjadikan pikiran lebih stabil.

Banyak sekali manfaat donor darah bagi tubuh manusia, selain meningkatkan kesehatan dan membantu meregenerasi banyak sel dalam tubuh. Donor darah adalah salah satu penanda  bahwa kepedulian kepada sesama merupakan hal yang tidak merugikan dan banyak keuntungan yang di dapat dari mendonorkan darah.

8. Menurunkan berat badan

Tubuh dengan berat badan ideal dan kulit yang kencang menjadi dambaan setiap orang apalagi kaum hawa. Dengan melakukan donor darah secara rutin ternyata dapat membatu menurunkan berat badan. Disamping itu deng pikiran yang stabil, juga dapat membuat Anda terlihat lebih cantik dan menarik. Tidak mudah stres cenderung membuat siapapun terlihat segar dan sehat.

Mungkin masih banyak lagi manfaat donor darah yang belum kita ketahui. Jadi jangan ragu lagi untuk melakukan donor darah ya.. Satu tetes darah yang Anda donorkan sangat berarti untuk sesama. Apalagi jika Anda secara rutin melakukannya sekurang-kurangnya 3 bulan sekali, sehingga Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda sedini dan sebaik mungkin. Jaga pola makan dan pola hidup yang seimbang, sehingga kegiatan donor darah menjadi lebih menyenangkan. Demikian beberapa manfaat donor darah bagi tubuh bagi kulit dan bagi kecantikan pendonor.

Terkait Manfaat Donor Darah